Sunday, May 26, 2013

pengkajian tentang prediksi terjadinya petir dan banjir based from journal

pengkajian tentang prediksi terjadinya petir dan banjir based from journal

Satu artikel sangat menarik yang pernah gue baca, bahwa BPPT dan Jepang berencana untuk memetakan  masalah  anomaly alam yaitu petir dan banjir.
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengan japan agency for marine – earth  (JAMSTEC) akan melakukan pemetaan petir dan hujan lebat, untuk bisa dipresiksi seminggu kedepan.
Peneliti jamstec suichi mori menjelaska proyek penelitian tentang petir dan cuaca di bogor akan dilakukan tahun  depan, penelitian itu merupakan penelitian pertamakali yang dilakukan diluar jepang.
Mori menjelaskan, saat ia singgah di Bogor satu bulan lamanya. Laptop miliknya sempat rusak beberapakali terkena petir. Bogor itu kota petir karena ada 200 kali petir dalam sebulannya. Apalagi sudah masuk dalam guinnes book of record 1989, terangnya
Dari pengalamannya di jepang, kawasan yang rawan petir bisa diprediksikan dengan radar  yang memantau cuaca. Radar tersebut juga bisa memantau di mana akan terjadi petir besar, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melindungi panel-panel listrik agar tidak rusak .
Dalam kesempatan itu  peneliti utama mitigasi bencana BPPT sekaligus manager proyek tersebut fadly samsudin menjelaskan , selain masalah petir, masalah hujan lebat yang berpotensi banjir juga akan diteliti memakai permodelan.
Selain itu memprediksi banjir seperti yang di Jakarta, baru bisa diketahui setelah enam menit setelah hujan turun, namun dalam proyek ini BPPT dan JAMSTEC akan melakukan model untuk merancang potensi banjir yang akan terjadi sepekan ke depan.
Apa lagi seperti Jakarta yang rawan banjir, akan lebi siaga apabila sudah diketahui potensi terjadi banjir dalam sepekan kedepan. Tapi memang kondisi di jepang dan Indonesia berbeda. Namun, pemodelan yang bisa memprediksi potensi banjir ini bisa diaplikasikan di seluruh wilayah termasuk di Jakarta.
Share This

No comments:

Post a Comment

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Dont forget to Comment and Subscribe.
Thank you for visiting my Blog

Like Us

Subscribe to my Blog

Your Comments

Calendar Now

Designed By Blogger Templates