Sunday, June 3, 2018

Bahasa Indonesia atau bahasa inggris

Bahasa Indonesia atau bahasa inggris


kali ini gue bingung bangat buat nulis konten di blog gue, apakah gue harus nulis pakai bahasa indonesia atau bahasa inggris. sebenarnya gue lebih suka nulis pakai bahasa inggris alasannya karena dengan gue nulis pake bahasa inggis, pembaca blog gue akan lebih banyak. gak cuma dari indonesia tapi juga negara lain. tapi jujur gue juga gak mau kalo di indonesia sendiri blog gue gak dibaca..alias diskip. Secara di indonesia sendiri mostly sedikit orang yang suka baca tulisan yang pake bahasa inggris. back to the topic....
dulu gue udah pernah beberapa kali nge published tulisan gue pak bahasa inggris, terus gue share ke temen gue yang tinggal Belanda, Jerman, India.
gue minta feedback dari mereka tentang tulisan dan blog gue. tanggapan mereka sih positive. mereka suka sama blog gue. malah mereka saranin buat lebih banyak lagi nulis pakai bahasa inggris. 
dalam hati gue ngomong..."anjir....akhirnya gue berhasil nulis blog..haha..,, berarti blog gue gak jelek-jelek amat. buktinya bule-bule pada seneng sama tulisan gue..".
ummm...gue sih setuju-setuju aja. kalo buat konten pake bahasa inggris, menurut gue ga ada masalah. untuk konten diblog sendiri, gue nulis apa adanya aja, kaya air kali yang ngalir sampai bermuara ke laut. gue percaya ide itu seperti adonan pizza. dibuat untuk dilempar-lempar-.
tapi sejenak gue pikir lagi kalo gue nulis pake bahasa inggris, pembaca tulisan gue di indonesia gimana... mereka kalo liat tulisan bahasa inggris aja bawaannya males. bikin mata ngantuk katanya. mereka lebih suka baca pake bahasa indonesia. ok lah.. mau itu tulisan bahasa inggris/indonesia menurut gue sama pentingnya. karena reader itu dewa dan gue cuma pelayan aja. yang tiap hari ngasih tulisan kemereka.



"menurut kalian apakah gue harus nulis pakai bahasa indonesia aja atau bahasa inggris...kalian bisa komen dibawah..."
.

jangan lupa like dan share kalo kamu suka tulisan ini...


salam..and always discuss idea

Share This

2 comments:

  1. Mantap jiwa 👉☕ ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╗
    ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║
    ║║║║╦║║║║║║╦║╔╝
    ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝ ....jiwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you mas.....jadi blogger haha... mana blognya tar saya promosiin :D

      Delete

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Dont forget to Comment and Subscribe.
Thank you for visiting my Blog

Like Us

Subscribe to my Blog

Your Comments

Calendar Now

Designed By Blogger Templates